Monday 1 April 2013

Mobile Computing [Tulisan]



            Mobile computing merupakan suatu model komputasi yang menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik dalam jarak jauh atau lingkungan mobile (non statik). Secara awam mobile computing lebih dikenal dengan membuat dan mengambil fasilitas komputer yang diperlukan dan perangkat lunak menjadikannya secara utuh menyatu dan dapat digunakan diluar ruangan atau di lapangan. Secara keseluruhan mobile computing dapat dikatakan sebagai paradigma (cara pandang) dari teknologi yang mamou melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan dan merupakan kemajuan teknologi komputer yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel.

  1. Konsep dari Mobile Computing
ü      Mobilitas
-          HandOff : Kapan dan dimana melakukannya.
-          Proses Migrasi : aplikasi yang mendukung infrastruktur mengikuti mobilitas.
ü      Privasi dan Keamanan
-          Authentication
-          Authorization
-          Security Encrypt

  1. Keterbatasan Mobile Computing

-          Kurangnya bandwith : Pada umumnya koneksi internet via mobile cenderung lambat ketimbang dengan koneksi langsung menggunakan kabel, terlebih lagi jaringan mobile menggunakan teknologi seperti EDGE, GPRS, 3G, HSDPA, dan yang paling baru ialah 4G. Jaringan seperti yang telah disebutkan biasanya hanya tersedia dalam jangkauan menara ponsel komersial. Di Indonesia sendiri penggunaan internet mobile kurang memadai terbentur oleh kurangnya kapasitas bandwith.

-          Gangguan transmisi : Banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan sinya pada mobile computing seperti cuaca, medan dan jarak alat mobile computing dengan titik pemancar sinyal terdekat. Selain itu penerimaan sinyal didalam terowongan, dibeberapa gedung dan daerah pedesaan seringkali buruk.

-          Konsumsi tenaga : Disaat stopkontak listrik atau generator portabel tidak tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuhnya pada daya baterai. Hal ini berarti baterai yang luar biasa mahal harus digunakan untuk mendapatkan masa pakai baterai yang diperlukan.

-          Potensi bahaya kesehatan : Banyak kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh kelalaian pengendara sepeda motor dan pengemudi yang sibuk menggunakan mobile phone pada saat berkendara. Sinyal dari jaringan mobile itu sendiri juga dapat mengganggu kesehatan manusia contohnya saja mengganggu sistem kerja otak.

Referensi
http://manguri.wordpress.com/2010/04/17/mobile-computing/
http://eckohoppus.wordpress.com/2011/06/18/apa-itu-mobile-computing-komputasi-bergerak/ 

[Postingan saya ini juga saya masukkan kedalam salah satu blog pribadi saya lainnya di "environtmentalists.wordpress.com" semata-mata hanya untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu blogspot sedang sulit diakses. Terima kasih.]

No comments:

Post a Comment