Sunday 14 October 2012

Pengantar Bisnis Informatika [4IA13]



Pengantar Bisnis Informatika.

Nindy Kartika Sari
52409500
4IA13

Bisnis dalam ilmu ekonomi dikatakan sebagai suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau pebisnis lainnya untuk mendapatkan suatu keuntungan. Sedangkan informatika merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup kedalam beberapa bidang, termasuk didalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.

Bisnis dan Informatika merupakan dua kata berbeda yang saling berhubungan dan memiliki suatu makna. Dasarnya bisnis informatikan diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh secara individu atau berkelompok yang mempunyai nilai dengan tujuan untuk mendapatkan keutungan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi yang dimaksud contohnya saja, internet.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komputer membuat perubahan pada kebiasaan masyarakat sehari-hari atau lebih dikenal dengan sebutan information age. Dalam bidang komunikasi dan bisnis, media elektronik dijadikan sebagai salah satu media utama bergeraknya dua bidang tersebut.

Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat didunia saat ini ialah masalah ruang dan waktu oleh sebab itu teknologi informasi memiliki peran penting disini. Banyaknya permintaan teknologi informasi dan komputer disegala bidang menyebabkan munculnya perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bisnis informatika ini. Contohnya saja seperti penyedia layanan internet, software house, hosting dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi informasi ini, maka setiap perusahaan perlu adanya memiliki rencana jangka panjang. Rencana jangka panjang ini dimaksudkan supaya perusahaan-perusahaan tersebut dapat me-manage strategi perusahaan agar tidak tertinggal dari perusahaan lainnya.

Sources:


No comments:

Post a Comment