Friday 16 March 2012

Pengantar Teknologi Game

GAME. Apa yang pertama kali akan kalian bayangkan mendengar kata tersebut? Game itu berasal dari Bahasa Inggris yang berarti permainan. Pasti kalian sudah bisa membayangkan sekian banyak macam game dalam sekali waktu saat ditanya soal game. Saat dunia teknologi dan informasi belum berkembang pesat seperti saat ini, kebanyakan game atau permainan lebih sering dimainkan oleh anak-anak, terutama untuk game-game tradisional. Pada era 1990-an permainan atau game biasanya terkelompok disesuaikan dengan generasi pada masa itu, misalnya generasi anak sekolah (SD dan SMP) masih bisa dikategorikan untuk bermain bersamaan, namun untuk generasi anak yang sudah duduk dibangku SMU biasanya memiliki permainan tersendiri. Pada intinya semua sama saja, semua orang bisa memainkan permainan yang sama disaat yang bersamaan.

Dewasa ini, game telah berkembang menjadi sarana hiburan bagi seseorang. Mengapa demikian? Karena saat ini game dapat dimainkan dimana saja dan kapan saja, tidak seperti jaman dahulu. Hal ini dikarenakan perkembangan dibidang teknologi informasi dan komunikasi memudahkan siapa saja dapat bermain game dimana saja dan kapan saja dengan berbagai jenis game.

Nah, disini saya akan menulis sebuah tulisan wajib untuk mata kuliah Pengantar Teknologi Game.

1. Pengenalan Teknologi Game.

Pada dasarnya teknologi game itu berasal dari teknik-teknik permainan itu sendiri yang kemudian dikembangkan dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi saat ini. Jauh sebelum bidang teknologi dan informasi berkembang, game itu sendiri telah memiliki teknik-teknik yang mendasari atau mencirikan wajah dari permainan mereka seperti apa. Dari ciri khas yang didapat itulah manusia/user/orang yang ahli dalam dunia komputer mulai mengembangkan permainan-permainan tersebut dengan menggunakan teknologi yang ada saat itu maupun saat ini.

2. Teknik membuat Game secara umum.

- Pertama-tama hal yang harus diperhatikan dalam membuat Game adalah genre yang akan diusung untuk membuat game seperti apa. Misalnya kita akan mengusung genre game edukasi untuk anak-anak, seperti game scrabble, hang man, dan sebagainya.

- Kedua yaitu pemilihan karakter animasi untuk game yang dibuat. Penentuan karakter ini sangatlah berpengaruh pada penarikan minat konsumen/gamers untuk memainkan game ini. Penentuan karakter ini juga dilihat dari bentuk animasinya, cara programmer merealisasikan imajinasi-nya dalam membentuk si karakter ini.

- Ketiga yaitu pemilihan jalan cerita untuk game. Sama halnya dengan sinetron, drama dan film layar lebar, dalam game juga dibutuhkan jalan cerita yang menarik untuk mengundang ketertarikan para gamers pada game tersebut.

- Keempat yaitu levelisasi pada game. Secara umum levelisasi pada game hampir sama secara keseluruhan, yakni diawali dengan memainkan level termudah, level medium/sedang, hingga level dengan tingkat kesulitan permainan yang cukup tinggi. Dalam levelisasi ini, para penikmat game cenderung akan melihat kira-kira sampai dilevel mana kira-kira kemampuan mereka. Secara tidak langsung, jika game yang dimainkan cukup menarik minat dan perhatian para gamers, maka para gamers pun merasa tertantang untuk segera menamatkan akhir dari game tersebut.

- Yang terakhir ialah bagaimana kita menyusun konsep yang telah dibuat tadi dan dirancang sedemikian hingga untuk diubah menjadi suatu game yang banyak dimainkan,

3. Bahasa Pemrograman yang digunakan.

Bahasa-bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat game dari awal perkembangan teknologi seperti C++, Java, Action Script, PHP, HTML, Javascript (untuk web game), dan Objective C.

4. Hal-Hal yang diperlukan dalam membuat game.

- Pelajari bagaimana cara kerja game tersebut, maksudnya ialah kita harus mempelajari secara detail kerja dari game tersebut. Bagaimana saat user menang melawan komputer, bagaimana kerja keras keduanya untuk bertahan dalam pertarungan tersebut.

- Memiliki jiwa kreatifitas yang tinggi. Dalam hal ini siapa saja terutama para pembuat game diharuskan untuk memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan perkembangan dunia teknologi dan informasi membuat game-game semakin banyak bermunculan dengan karakter-karakter animasi dan design game yang interaktif. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi akan lebih mudah dalam mengekspresikan apa yang ada dalam imajinasinya.

- Experience is important. Ada pepatah mengatakan, pengalaman mengajarkan segalanya. Disini kita diharuskan untuk belajar dari pengalaman yang pernah kita alami. Sebelum kita berniat untuk membuat suatu game, ada baiknya jika kita meramalkan atau melihat pangsa pasar yang akan dilirik oleh para produsen game.


Referensi :

1. http://inet.detik.com/read/2011/12/16/104520/1792601/1260/apa-bahasa-pemrograman-untuk-bikin-game/
2. http://arekrantau.blogspot.com/2011/12/apa-bahasa-pemrograman-untuk-bikin-game.html
3. http://witanduty.wordpress.com/6/
4. http://websiteprofesionaloffers.blogspot.com/2009/03/pengetahuan-dasar-tentang-membuat-video.html
5. ilhamsk.com/pengantar-teknologi-game/
6. http://deaprilia.blogspot.com/2010/02/teknologi-game.html
7. http://asemanisblog.blogspot.com/2012/01/cara-mudah-membuat-game-pc-komputer_19.html


No comments:

Post a Comment